Pedoman RTM & RTL

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) merupakan rapat tertinggi dalam sistem manajemen mutu yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja sistem secara menyeluruh di tingkat Universitas. Secara hierarki RTM dipimpin langsung oleh pimpinan, dan dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen. Kegiatan rapat tinjauan manajemen menjadi sangat penting dalam sistem manajemen mutu, karena di dalamnya akan dibahas sejumlah evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh masing-masing lini manajemen.

Tinjauan manajemen dilakukan untuk memastikan apakah temuan dapat ditindaklanjuti dengan baik dan memastikan bahwa sistem mutu berjalan efektif dan efisien. Tinjauan ini harus mencakup penilaian untuk peningkatan dan perubahan sistem mutu, termasuk kebijakan mutu serta sasaran mutu. Setiap kegiatan tinjauan manajemen harus terdokumentasi dengan baik, dan dokumentasinya harus dipelihara sebagai arsip dan tinjauan mutu. Adapun hasil RTM digunakan dalam merumuskan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dalam perbaikan yang dianggap penting dan mendesak untuk segera dilakukan serta peluang dan rekomendasi peningkatan.

Pembahasan RTM dan RTL antara lain :

  1. Hasil/temuan audit
  2. Umpan balik pelanggan,
  3. Kinerja layanan/kinerja dosen,
  4. Status tindak lanjut permintaan koreksi,
  5. Tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya, dan 
  6. Perubahan sistem mutu ataupun usulan peningkatan sistem mutu.
  7. Renstra dan atau Renop Tahun selanjutnya.

RTM dan RTL dapat didokumentasikan sebagai berikut :